Minggu, 24 Januari 2016

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Cara mengatasi Android lemot (loading lambat) saat proses akses adalah solusi yang gampang, dengan menerapkan tips praktis pada artikel ini. Anda mungkin merasa jengkel disaat yang sangat penting tiba-tiba smartphone android menjadi lemot minta ampun. Nah kalau anda mengalami masalah ini, bisa kok ikuti cara simpel ini agar Android tidak loading lama.

Google menjual produk OS Android ke berbagai vendor smartphone, karena basis dari operating system ini adalah open source (terbuka) maka banyak pula pengembang aplikasi dengan penawaran gratis dan berbayar di Play Store.


Maka dari itu banyak vendor hp android menawarkan harga yang murah dengan spesifikasi minim mengingat penjualan perangkat andoid yang laku keras. Tidak perduli nantinya Android lambat atau cepat ketika memang si pemilik tidak paham cara agar Android tidak lemot.

Si pembeli dengan kantong yang minim banyak meminati android murah dengan specs yang minim pula. Biasanya dengan specs yang didapat ini mengakibatkan android lemot karena si empunya menginstal aplikasi yang seharusnya tidak perlu. Maka perlu diperhatikan bagi anda pemilik hp dengan spesifikasi minim RAM dan Prosesor dengan mengikuti tips agar android loading lebih cepat.

Tips Praktis Membuat Android Loading Cepat


1. Jangan instal aplikasi atau game berat sehingga akan memakan banyak memory yang memang fungsinya tidak begitu penting. Agar android tidak lemot, cek secara berkala kapasitas penyimpanan telepon setelah anda menginstal aplikasi. Setidaknya 20 persen kapasitas bebas dari jumlah total memory.

2. Gunakan MicroSD atau penyimpanan Cloud Google Drive untuk menyimpan file Foto atau Video yang bermanfaat agar memory internal lebih longgar. Kalau memang belum tau cara membuat dan menggunakan akun Google Drive di Android bisa baca pada tautan tersebut.

3. Sebaiknya jangan menjalankan banyak aplikasi secara bersama, tutup aplikasi yang tidak perlu disaat smartphone Android lambat. Sebagian orang menjalankan aplikasi secara bersama ini memang diperlukan, tetapi untuk anda yang memiliki RAM kecil 512mb ke bawah alangkah baiknya jangan melakukan hal ini.

4. Hapus cache Android secara berkala pada masing-masing aplikasi. Khususnya aplikasi yang sering dibuka, karena disetiap aplikasi membutuhkan penyimpanan memory sementara atau yang disebut cache.

Pembersihan cache untuk mengatasi android lemot dengan cara pergi ke Setting (pengaturan) > Storage (penyimpanan) > Cached data (data cache) > OK
cara bersihkan cache android
Cara menghapus cache Android
5. Jangan instal aplikasi pembersih cache, karena pada dasarnya Android sudah memiliki sistem pembersih sendiri. Kalau ini tetap dilakukan akan menguras konsumsi ROM (penyimpanan) sehingga dapat memperlambat kinerja Android.

Memang banyak pengembang aplikasi agar android tidak lemot, tetapi jangan terlalu tergiur untuk penawaran ini. Karena ini salah satu strategi marketing untuk menarik pengguna aplikasi.

6. Jangan menggunakan Live Wallpaper (wallpaper bergerak) atau Launcher (tema kustom), karena akan membuat android menjadi lambat. Aplikasi semacam ini menguras banyak daya baterai dan mengurangi banyak memory baik RAM (memory akses) atau ROM (memory penyimpanan).

Dari 6 cara mengatasi Android lemot tanpa aplikasi diatas, mana yang sering anda abaikan? Coba mulai dari saat anda membaca artikel ini lakukan beberapa kebiasaan untuk mempercepat android tanpa aplikasi.

Bagi pengguna Android lainnya bisa menambahkan tips dan trik cara mengatasi android lemot karena ram kecil untuk berbagi pengalaman dengan yang lain pada kolom komentar di blog tutorial cara membuat mengatasi akun ini.


EmoticonEmoticon